Minggu, 01 Agustus 2021

5 Tips Penanganan untuk Luka Robek

Buku Pintar - Saat terjatuh, sangat mungkin timbul luka pada tubuh baik itu berupa luka robek ataupun luka memar. Luka memar adalah luka yang mengenai tulang sementara luka robek melukai kulit seseorang sehingga mengeluarkan darah. Untuk mengobati luka robek, akan dibutuhkan obat luka jatuh baik untuk menghentikan pendarahan maupun mencegah infeksi. 

 

Hal yang Harus Diketahui untuk Menangani Luka Robek

Untuk mengatasi luka robek, harus diperhatikan apakah luka yang timbul tersebut cukup lebar atau kecil. luka yang besar tentu membutuhkan penanganan medis terutama apabila pendarahan tidak kunjung berhenti. Sementara luka kecil akan membutuhkan penanganan berbeda. 

 

1. Apakah Luka Harus Dijahit?

Perlu diketahui bahwa tidak semua luka robek memerlukan jahitan. Luka yang besar membutuhkan jahitan untuk mencegah pengeluaran darah lebih banyak. Sementara luka kecil cukup diatasi dengan antiseptik dan juga plester untuk mencegah infeksi.

 

2. Sebelum Mengatasinya Luka Harus Cuci Tangan

Luka pada kulit menyebabkan area kulit terbuka. Padahal kulit bermanfaat untuk mencegah infeksi. Oleh karenanya segera cuci tangan dengan sabun antiseptik dan air mengalir sebelum menangani luka. Tangan yang kotor justru bisa menjadi media perpindahan bakteri ke luka.

 

3. Segera Hentikan Pendarahan

Apabila luka terus mengeluarkan darah, maka segera lakukan tindakan untuk menghentikan darah yang keluar. Caranya bisa dengan menekan area luka menggunakan kasa steril.

 

4. Terapkan Obat untuk Luka Jatuh

Aplikasikan obat seperti salep antiseptik untuk mencegah adanya infeksi di area luka. Sebaiknya oleskan obat antiseptik secara rutin setiap membuka perban agar luka segera menutup.

 

5. Mengganti Perban

Jika Anda menggunakan perban, jangan lupa untuk rutin mengganti perban. Saat awal luka, gantilah perban sebanyak satu sampai dua kali sehari.

 

Kesulitan mendapatkan info kesehatan yang akurat dan terpercaya melalui internet? Kini sudah hadir website www.guesehat.com yang menjamin setiap informasi kesehatan yang ditampilkan sudah diperiksa oleh tenaga medis dan dokter terpercaya. 

 

Anda juga bisa mendapatkan obat medis yang sulit didapatkan di tempat Anda melalui www.goapotik.com. Goapotik akan membantu Anda terhubung dengan banyak apotik atau merchant di seluruh tanah air yang menyediakan obat Anda.


EmoticonEmoticon