Rabu, 29 Desember 2021

Apa Saja Recruitment Metric yang Perlu Diperhatikan Saat Rekrutmen


 

Recruitment metrics mengacu pada pengukuran yang digunakan untuk mengumpulkan, menganalisis, dan melacak keberhasilan rekrutmen. Selain itu, recruitment metrics juga hadir untuk mengoptimalkan proses rekrutmen sehingga bisa mendapatkan hasil semaksimal mungkin.

Karena recruitment metrics merupakan kunci penting untuk menilai seberapa efektif proses rekrutmen yang dilakukan, mari kita lihat beberapa recruitment metrics yang sangat penting dalam proses rekrutmen saat ini.

1. Source of Hire


Dapat dikatakan bahwa yang satu ini adalah recruitment metrics yang paling penting, namun seringkali tidak dipahami dengan baik. Source of Hire adalah salah satu recruitment metrics utama yang memberikan informasi tentang berapa persen dari karyawan Anda yang memasuki talent pipeline dari setiap sumber perekrutan yang Anda gunakan seperti dari job boards, LinkedIn, career fairs, events, dan lainnya.

2. Time to Fill


Time to Fill merupakan salah satu metrics yang penting dalam proses rekrutmen, dimana metrics ini terfokus pada seberapa lama waktu yang dibutuhkan dalam proses rekrutmen Anda. Waktu tersebut diukur mulai dari proses pemasangan iklan lowongan hingga posisi lowong tersebut berhasil terisi.

3. Time to Hire


Berbeda dengan Time to Fill, Time to Hire adalah seberapa lama waktu yang dibutuhkan untuk oleh kandidat mulai dari awal proses rekrutmen hingga hired. Cara yang baik untuk mengukur efisiensi rekrutmen adalah dengan melihat berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk merekrut seorang kandidat. Metrik ini dapat membantu Anda memahami seberapa baik tim dalam mengeksekusi serta mengidentifikasi kandidat, dan seberapa lama bagi kandidat untuk menerima penawaran hingga hired.

4. Cost per Hire


Cost per Hire merupakan metrics untuk mengukur biaya rata-rata yang dikeluarkan oleh perusahaan dalam proses rekrutmen, mulai dari proses pemasangan lowongan hingga onboarding. Dengan mengukur Cost per Hire yang dikeluarkan oleh perusahaan selama proses rekrutmen berlangsung, HR dapat melihat seberapa banyak biaya yang dikeluarkan untuk melakukan rekrutmen masing-masing kandidat. Selain itu dengan mengetahui parameter ini, HR juga dapat menilai dan mengevaluasi ROI dari proses rekrutmen yang telah dilakukan.

5. Applicants per Hire


Applicants per Hire adalah salah satu recruitment metrics yang tidak kalah penting karena metrics ini memungkinkan Anda untuk mengevaluasi upaya recruitment marketing Anda. Ini juga akan memberi tahu seberapa sukses sourcing kandidat yang Anda lakukan, bagaimana cara mengiklankan lowongan dengan baik, seberapa menarik brand perusahaan Anda, dan banyak informasi penting lainnya.

6. Quality of Hire


Menurut definisi, Quality of Hire mengukur nilai yang dibawa oleh karyawan baru ke dalam suatu perusahaan. Dengan kata lain, rekrutmen metrics ini digunakan untuk mengevaluasi berapa banyak karyawan baru yang berkontribusi pada kesuksesan jangka panjang organisasi, berdasarkan kinerja dan masa kerja mereka di perusahaan tersebut.

7. Conversion Rate


Metrics yang satu ini mengerucut pada perbandingan langsung antara jumlah kandidat yang telah ditawari pekerjaan dan kandidat yang menerima tawaran pekerjaan tersebut. Jika tawaran yang Anda berikan mendapatkan tingkat penerimaan yang rendah, kemungkinan tawaran pekerjaan Anda tidak begitu menarik atau sesuai dengan kebutuhan dari sisi jobseekers.

8. Candidate Experience


60% kandidat mengatakan bahwa komunikasi yang baik selama proses rekrutmen berlangsung membuat experience mereka mengikuti proses rekrutmen menjadi lebih baik, dan 80% diantaranya mengatakan bahwa satu experience negatif dapat membuat mereka mengubah keputusan mereka untuk bergabung di suatu perusahaan bahkan pada menit-menit terakhir.

Agar proses rekrutmen lebih efisien, gunakanlah bantuan recruitment software. Anda dapat menggunakan recruitment software terbaik dari Shortlyst. Anda akan dipermudah karena Shortlyst dapat memberikan 600 juta lebih profil kandidat yang bisa diakses dari seluruh dunia.

Shortlyst menggunakan teknologi canggih beruba AI yang cerdas dan efisien. Memiliki fitur yang mendukung sehingga proses perekrutan berjalan dengan baik layaknya dalam tim. Harga Shortlyst sangat terjangkau mulai dari 23 USD, atau hanya 5% dari harga software serupa yang disediakan LinkedIn.


EmoticonEmoticon