Minggu, 09 Januari 2022

5 Manfaat Lapor SPT Tahunan, Wajib Pajak Harus Tahu!

lapor spt tahunan

 

Surat Pemberitahuan atau yang disingkat SPT menjadi suatu hal penting yang harus Anda laporkan. Wajib pajak bisa melaporkan SPT tahunan online untuk memudahkan sebagaimana ketentuan yang diberlakukan oleh perpajakan. Kegiatan lapor SPT tidak bisa Anda anggap sepele. Hal ini karena lapor SPT tahunan secara online dapat menjadi langkah Anda yang terakhir untuk melakukan wajib pajak dalam satu tahun.

Anda yang harus melaporkan SPT dalam kurun waktu satu tahun ada manfaat yang bisa Anda rasakan. Bagi Anda yang sudah lapor SPT tahunan, tentu Anda bisa memahami dengan baik. Namun bagi Anda yang belum pernah lapor SPT tahunan, yuk simak beberapa manfaat dari melaporkan SPT tahunan online.

Manfaat lapor SPT tahunan bagi para wajib pajak sebagai berikut:

Guna melaporkan penghitungan jumlah pajak


Fungsi yang paling umum dari laporan SPT tahunan yaitu Anda bisa melaporkan dan mempertanggungjawabkan penghitungan secara lengkap dan detail jumlah pajak. Pajak ini adalah komponen yang termasuk utang ke negara. Oleh karenanya para wajib pajak harus memahami jumlah besaran pajak yang dilaporkan secara jujur.

Para wajib pajak yang tidak melaporkan dan tidak bertanggung jawab bisa menghambat diri sendiri. Anda harus memahami dengan baik total jumlah pajak terutang kurun waktu satu tahun yang akan dilaporkan secara online.

Sebagai bentuk pembayaran pajak yang dilakukan


Melaporkan SPT tahunan online termasuk bentuk pembayaran dan pelunasan pajak. Hal ini karena proses laporan SPT tahunan maka wajib pajak akan melakukan pembayaran. Melaporkan SPT tahunan dan pembayaran pajak selalu tidak bisa dipisahkan.

Metode yang umumnya dipakai ialah pemotongan atau dengan pemungutan pihak lain, sementara waktu yang digunakan adalah selama satu tahun lamanya, sesuai dengan waktu pajaknya.

Guna melaporkan penghasilan yang diperoleh


Ada beberapa poin yang wajib Anda laporkan dalam lapor SPT tahunan online, salah satunya adalah penghasilan wajib pajak yang bersangkutan. Penghasilan Anda yang dikenai pajak maupun yang tidak, harus Anda laporkan secara terperinci.

Agar proses pemungutannya mudah, maka Anda perlu memisahkannya terlebih dahulu. Sehingga, bisa diketahui mana yang dikenai pajak dan mana yang tidak dikenai pajak dalam SPT Anda.

Sebagai bukti laporan harta dan kewajiban yang ditanggung


Harta termasuk dalam golongan objek pajak, sehingga Anda juga perlu melampirkan dan melaporkannya dalam SPT tahunan. Kewajiban yang sedang ditanggung pun memiliki kemungkinan masuk dalam objek pajak.

Jadi, dalam SPT tahunan ini akan memuat berbagai hal secara mendetail seperti itu. Beberapa hal yang bisa Anda laporkan seperti rumah, kendaraan bermotor, dan berbagai aspek harta lainnya. Pun dengan beberapa aspek kewajiban yang masuk dalam jenis objek pajak yang harus dilaporkan.

Sebagai bukti pembayaran dari pemotongan


Umumnya, dalam pajak terdapat potongan yang harus dibayarkan sesuai dengan peraturan perpajakan yang berlaku. Maka dari itu, poin satu ini juga termasuk sebagai fungsi SPT, baik pembayaran dari pemungutan atau pemotongan pribadi bahkan badan, harus dilaporkan secara keseluruhan.

Apabila tidak Anda lampirkan, maka Anda sendiri sebagai wajib pajak yang terkena dampaknya. Hal tersebut dihitung berdasarkan waktu satu masa pajak atau satu tahun lamanya. Jadi, ketika melakukan pelaporan SPT tahunan, jangka waktu yang Anda pakai adalah satu tahun ke belakang.

Demikianlah ulasan lengkap mengenai fungsi lapor SPT tahunan online yang perlu Anda pahami secara detail. Setiap fungsinya pasti akan bermanfaat untuk berpihak. Oleh karena itu, semua harus Anda penuhi dan lakukan dengan baik sebagai wajib pajak yang menaati peraturan perpajakan. Semoga bisa menambah wawasan serta memberikan manfaat untuk Anda dalam melakukan pembayaran pajak, ya!

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon